Audit SNI Beras

Sertifikasi Standar Nasional Indonesia

PT. Pertani (Persero) melakukan Audit Perberasan sebagai bentuk dari integritas dalam menjaga Standart Kualitas Produk serta keamanan konsumen. Pasalnya, beras merupakan bahan pokok pangan yang dikonsumsi seluruh Masyarakat Indonesia. Audit Perberasan bertujuan untuk Sertifikasi Standart Nasional Indonesia. Proses Audit Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) berlangsung pada bulan Desember 2019 yang dilakukan di Unit Produksi Padi (UPP) PT. Pertani (Persero) yang tersebar di Wilayah Sumatera, Jawa, Hingga Sulawesi. Diantaranya UPP Sidrap (Sulawesi), UPP Indramayu I (Haurgeulis), UPP Banyuwangi II (Mucar), serta UPP Karanganyar. Pelaksanaan diikuti oleh Tim SNI dari Dinas setempat, Kepala UPP, serta diawasi oleh Kepala Bagian Perberasan PT. Pertani (Persero) bpk. Muh. Fakhrudin yang juga turut serta dalam pengawasan dan pengendalian perberasan.

Tahapan proses dalam Audit SNI Beras PT. Pertani (Persero) yaitu Tahap Pengecekan SOP, dimana seluruh SOP Perberasan, Produksi, Tatakelola Gudang Penyimpanan, dan skema-skema lainnya yang harus dilalui untuk menghasilkan standart produk yang maksimal untuk dikonsumsi Masyarakat. Pengecekan Lapangan juga dilakukan sebagai salah satu tahap dari penerapan SOP yang diterapkan, mulai dari Proses Pengadaan, processing (pengolahan) dari bentuk Gabah Kering Panen (GKP) menjadi Gabah Kering Giling (GKG) yang melalui proses dryer dan lantai jemur. Kemudian pengecekan Gudang Penyimpanan GKG serta mesin proses dari Gabah Kering Giling (GKG) menjadi Beras yang juga turut dilakukan pengecekan.

Tahapan proses Pengecekan selanjutnya terkait dengan Pengemasan serta aturan-aturan yang berlaku dalam pengemasan, termasuk juga label Harga Eceran Tertinggi (HET) dan S.K Kementerian Pertanian yang wajib tercantum dalam kemasan. Berikutnya pengecekan Kebersihan Lingkungan Pabrik, yang mana hal ini mkenjadi factor yang tidak kalah penting dalam proses produksi beras. Lingkungan yang baik tentu menunjang produksi beras yang berkualitas dan layak konsumsi bagi kalangan Masyarakat di Indonesia. PT Pertani (Persero) menetapkan standart yang tinggi agar kualitas pangan yang dikonsumsi Masyarakat Indonesia memiliki Standart dan Kualitas yang baik. Uji Laboratorium juga dilakukan untuk menguji Kadar Air beserta Tester dari Laboratorium terkait dengan suhu udara dalam ruang, kebersihan laboratorium, dan lain sebagainya. 

Tahap akhir dari pemeriksaan/Audit SNI Beras yang dilakukan PT. Pertani (Persero) yaitu Sampling lapangan tentang hasil proses yang diterapkan oleh perusahaan, hal ini terkait dengan pemantauan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *