Get Adobe Flash player

KOTABARU–Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, berencana mencetak lahan sawah baru seluas 700 hektare pada APBD 2013.

“Pembukaan sawah baru tersebut berdasarkan pengajuan proposal dari kelompok tani di Kotabaru,” kata Kepala Dinas Pertanian Kotabaru Hairudin, Senin (6/5/2013).

Bantuan cetak sawah tersebut hanya akan diberikan kepada kelompok tani yang benar-benar sudah berpengalaman dalam membuka areal persawahan.

“Kami memprioritaskan kelompok tani yang sudah berhasil yang bisa memperoleh program bantuan cetak sawah ini,” ujarnya.

Pihaknya akan melakukan survei ke lapangan, berdasarkan proposal yang masuk.

“Apabila mereka layak mendapatkan bantuan, dinas pertanian akan menyetujuinya, sebaliknya bila tidak tim akan mempertimbangkannya,” terangnya.

Bantuan cetak sawah ini, lanjutnya, hendaknya benar-benar bisa dimanfaatkan secara baik oleh kelompok tani dan anggotanya.

Menurutnya, dengan bantuan dan perluasan areal persawahan baru ini, Kabupaten Kotabaru akan benar-benar menjadi daerah yang berswasembada beras.

“Kami optimistis Kotabaru mampu swasembada beras,” tukasnya.

Sebelumnya, pada APBD 2012, Pemkab Kotabaru mendapat dana dari pemerintah pusat sebesar Rp7,5 miliar untuk mencetak 1.000 hektare sawah.

Tujuan dari perluasan cetak sawah baru tersebut, ingin menjadikan Kotabaru sebagai kabupaten yang berswasembada beras.

Sementara itu, Dinas Pertanian Kotabaru juga sudah melaksanakan program membukakan lahan sawah baru seluas 950 hektare yang terdiri dari lahan basah dan lahan kering pada 2011.

Cetak sawah tersebut didukung oleh dana APBD dan APBN yang besarnya sekitar Rp6,250 miliar.

Dengan pembukaan lahan baru tersebut, pihaknya berharap agar program swasembada beras segera terealisasi secepatnya. (Antara/wde)

scroll back to top